sunscreen vs sunblock

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Sunscreen dan sunblock memiliki nama yang hampir mirip namun memiliki banyak perbedaan. Kulit memerlukan perlindungan dari sinar UV atau sering disebut sinar matahari. Perlindungan yang dapat digunakan oleh kulit adalah krim tabir surya yaitu sunscreen dan sunblock. Sunscreen dan sunblock yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari memiliki perbedaan yang sangat jauh. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu:

1. Kandungan

Sunscreen memiliki kandungan seperti avobenzone, oxybenxone dan para-amnobenzoic acid atau PABA. sedangkan kebanyakan sunblock memiliki kandungan zincoxide atau titanium oxide.

2. Cara Kerja

Sunscreen memiliki bahan-bahan yang aktif untuk menyerap sinar UV dan mengeluarkan dari kulit sebagai energi panas sebelum sinar matahari menembus kulit lebih dalam. sedangkan sunblock bekerja untuk menghalangi lalu memantulkan sinar UV.

3. Cara pemakaian

Untuk Sunscreen cara pemakaiannya adalah dengan digosok sehingga bahan aktif dapat menyerap, screen ini memerlukan waktu untuk dapat bekerja. Sedangkan Sunblock cara pemakaiannya adalah dengan dioleskan secara merata, sunblock ini langsung bekerja setelah dioleskan.

4. Hasil Akhir

Hasil akhir dari sunscreen tidak meninggalkan bekas apapun atau sifatnya transparant. Sunblock akan meninggalkan white cast dikulit penggunanya. Sunblock biasanya lebih cocok digunakan untuk kulit yang sensitif, karena kandungan zink oksida dan titanium oxide lebih aman.

Untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya gunakan produk dengan SPF 30 atau lebih. setelah mengetahui perbedaannya apakah kamu mengetahui manakah yang lebih cocok?